Alasan Pemilik Produk Harus Mengafiliasikan Produk Mereka

Saat ini program afiliasi cukup banyak tidak hanya di Amerika Serikat sebagi pusat internet dunia tetapi pemilik produk asal tanah air tercinta juga memasarkan produk mereka dengan mengafiliasikannya. Padahal dengan menjual produk sendiri atau self-marketing memberikan profit yang sangat besar daripada membagi profit dengan pemasar afiliasi.

Berikut alasan pemilik produk harus mengafiliasikan produk mereka

Contoh seorang pemilik toko online yang khusus menjual tas punggung. Mungkin saja, walaupun tidak memproduksi sendiri tetapi dengan membeli dari beberapa grosir dengan harga murah karena memiliki networking.

Jika barang/produk sudah tersedia dan website toko onlne sudah siap, masih ada hal penting yang harus dikerjakan yakni marketing atau pemasaran. Tanpanya tidak ada penjualan. Pekerjaan memasarkan barang nyatanya membutuhkan keahlian tersendiri. Jika pemilik toko online tersebut memiliki ide membuat seribu blog sebagai tempat memasarkan tas-nya secara online. Maka ia membutuhkan seribu waktu, seribu energi lebih besar dan seribu tambahan modal lebih banyak. Boleh jadi hanya dalam hitungan bulan toko tas sudah kehabisan energi dan gulung tikar gara-gara memikirkan marketing.

Atau menggaji seratus karyawan sebagai sales untuk memasarkan tas???

Dengan memiliki program afiliasi memberikan kesempatan orang lain untuk ikut memasarkan produknya yang mengurangi beban yang harus ditanggung. Apalagi jika sang pemilik toko tas adalah seorang sales yang handal. Pasti akan berfikir lebih baik memiliki seribu pemasar dengan seribu penjualan walaupun berbagi profit daripada hanya memiliki satu pemasar dengan satu penjualan.

Jika banderol sebuah tas Rp 300ribu memberikan keuntungan sebesar rp 100ribu. Maka dengan terjual sebanyak 1000 unit yang dilakukan oleh program afiliasi terkumpul omset Rp 300juta. Pembagian komisi sebesar 90 / 10 (90 persen untuk pemilik / 10 persen untuk pemasar), maka pemilik toko masih mendapatkan keuntungan sebesar Rp 70juta setelah dipotong komisi untuk pemasar afiliasi.


Alasan Pemilik Produk Harus Mengafiliasikan Produk Mereka


Jika sang pemilik mampu menjual 1000 tas sendirian, maka ia akan mendapat profit sebesar Rp 100juta. Suatu keuntungan yang cukup besar. Pertanyaannya, apakah mungkin menjual 1000 tas dalam waktu singkat? dengan memiliki program afiliasi berarti penjualan dilakukan secara paralel atau serentak oleh pemasar afilaisi dan pemilik program tidak dipusingkan dengan teknik marketing.

Keuntungan lain menjadi pemilik afiliasi, pemilik toko tersebut tidak perlu menggaji pemasar afiliasi. Cukup fair dengan menawarkan penjanjian komisi yang menguntungkan pemasar afiliasi.

Berikan komentar jika bermanfaat atau saran/kritik untuk artikel ini